Soal Aset Lahan di Punclut, Pemkot: Itu RTH!

Spiritbandung.com – Pemkot Bandung memberikan penjelasan mengenai aset daerah yang berada di kawasan Puncak Ciumbuleuit atau Punclut yang sempat disorot DPRD. Pemkot memastikan, aset berupa lahan seluas 2,2 hektare di wilayah pariwisata itu sepenuhnya berbentuk ruang terbuka hijau (RTH).

“Yang di Punclut itu sepenuhnya RTH. Luasnya kira-kira 2,2 hektare,” kata Kepala Bidang Investarisasi Barang Milik Daerah (BMD) pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bandung Siena Halim saat ditemui detikJabar di ruang kerjanya, Rabu (15/6/2022).

Siena menjelaskan, karena berbentuk RTH, tidak boleh ada pihak manapun yang membuat bangunan di kawasan tersebut. Bukan hanya terhadap individu, tapi regulasi itu juga berlaku untuk pemerintah.

“Karena statusnya RTH, maka tidak boleh dibangun, baik oleh pemerintah atau pihak-pihak yang memanfaatkan tidak resmi. Itu jelas nggak boleh, pemerintah saja tidak akan membangun, apalagi pihak lain,” tuturnya.

Mengenai sorotan dari DPRD, Siena menyebut kemungkinan lahan yang disinggung itu merupakan aset lain yang dikelola negara. Sebab menurutnya, ada tiga kategori pemilik lahan di lokasi tersebut.

Pertama lahan milik individu, kedua lahan milik Pemkot Bandung yang menjadi aset daerah, dan ketiga lahan milik negara. Untuk kategori terakhir, Siena mengaku pemkot tidak memiliki kewenangan mengelolanya.

“Ini juga yang kemungkinan disinggung sama DPRD, statusnya memang tanah negara. Tapi, itu di luar kewenangan pemkot pengelolaannya,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Siena memastikan akan menindaklanjuti sorotan dari DPRD. Pihaknya akan coba menelusuri ke lapangan untuk memastikan aset milik Pemkot Bandung memang tidak disalahgunakan pihak lain.

“Iyah nanti kita evaluasi lebih lanjut, kita lihat di lokasi itu penggunaan lahannya seperti apa. Karena kembali lagi, lahan punya pemkot di sana merupakan RTH dilarang kalau mau bikin bangunan,” pungkasnya.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemkot Bandung Tertibkan Aset di Kawasan Punclut

Sebelumnya, DPRD Kota Bandung menyebut pemkot jangan hanya fokus membidik kebun binatang untuk upaya penertiban aset. Pemkot juga harus mulai mengalihkan perhatiannya terhadap aset-aset daerah yang banyak dikuasai pihak ketiga seperti di Kawasan Puncak Ciumbuleuit atau Punclut, Kota Bandung.

“Dari hasil rapat, kebun binatang memang yang menonjol. Tapi ada beberapa PR (pekerjaan rumah) juga yang harus diselesaikan pemkot, contohnya tanah yang di Punclut,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung Erick Darmajaya, Rabu (15/6/2022).

Erick menyebut aset pemkot di Punclut berupa lahan-lahan yang berstatus milik pemerintah daerah. Namun, lahan-lahan itu banyak yang disalahgunakan, bahkan banyak dibangun menjadi objek pariwisata yang saat ini tengah hits di Kota Bandung.

“Tanah yang di Punclut itu kan harusnya tidak boleh dibangun, tapi sekarang malah jadi tempat wisata. Sekarang pada membangun. Bahkan saya denger gosipnya, ada beberapa oknum pejabat yang sampe punya tanah di sana,” tuturnya.

Bagikan Postingan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *