Bendahara ICMI Orwil Jabar Encup Supriatna Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi, Berikut Profil Lengkapnya

Spiritbandung.com – Bendahara ICMI Orwil Jabar Encup Surpiatna berhasil meraih gelar Guru Besar (Profesor) Bidang Ilmu Sosiolgi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 28011/MPK.A/KP.05.01/2021 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen, tertanggal 26 April 2021 yang diserahkan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 3 Mei 2021 bertepatan dengan tanggal 21 Ramadhan 1442.

Jabatan semula Lektor Kepala/766 yang disandangnya sejak 1 November 2009, terhitung sejak tanggal 1 April 2021 dinaikan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu sosial dengan angka kredit sebesar 895,42

Prof. Dr. H. Encup Supriatna, Drs., M.Si., yang dilahirkan di Cikampek 25 April 1963 merupakan putra dari pasangan Bapak Moh. Siman dan Ibu Siti Komrah mengucap syukur atas raihan gelar guru besar yang diraihnya.

“Alhamdulillah puji dan syukur saya panjatkan kepada Illahi Robbi atas raihan gelar guru besar ini. Terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah membesarkan saya sejak kecil. Terima kasih juga atas dorongan dan support dari saudara sekandung, Kakak yang paling tua, Kang  H. A. Kosasih. M (Alm.), Teh E. Sutini (Almh.), Adik saya Santosa, Suharyati, dan Engkas Hidayat (Alm.), tanpa bantuan dan dorongan dari meraka saya tidak akan bisa seperti ini”, kata Prof. Encup yang merupakan anak ketiga  dari 6 bersaudara itu.

“Saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Istri tercinta Hj. Eneng Masroah, AMd. Keb. yang selalu memotivasi kepada saya dan putra/putriku untuk selalu belajar ” kata ayah dari  Riza Fitria, MBA.  alumni ITB,  Agung Tsani, SE.  alumni UIN SGD Bandung, Teguh  Mahasiswa Semester 1 Universitas Al-Ghifari, dan Cantika (7 Tahun).

“Pada hari Hari Senin, 3 Mei 2021 bertepatan 21 Ramadhan 1442 (malam lailatur qodar). Betul-betul malam yang sangat membahagiakan bagi  dan kami sekeluarga  langsung sujud syukur setelah mendapatkan SK Pengangkatan sebagai Guru Besar, yang juga merupakan kado ulang tahun saya ke 58 “, ngkap Prof. Encup.

Selain itu Prof Encup  yang merupakan Alumni SD 03 Cikampek  Tahun 1976, Sekolah MTsN  Cilamaya Tahun 1980, dan Alumni PGAN Cilamaya Tahun 1983. Menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah SD No. 03 Cikampek, MTsN Cilamaya, dan PGAN Cilamaya.

“Tanpa tuntunan beliau-beliau saya tidak akan sampai seperti ini”, ungkapnya penuh syukur.

Jenjang Pendidikan tinggi mulai  dari S1 sampai S3 semuanya dilaksanakan di Bandung; Tahun 1989 Lulus S1 Pada Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Djati  Bandung dengan mendapat predikat sebagai Sarjana Teladan, kemudian tahun 2002 Lulus S2 (Magister) di UNPAD Bandung bidang Ilmu Sosial/Sosiologi-Antropologi, dan 10 tahun  kemudian yakni  tahun  2012 Lulus S3 (Doktoral) di UNPAD Bandung dengan mendalami keilmuannya yang sama bidang Ilmu Sosial/Sosiologi-Antropologi.

Selain menimba ilmu Formal, Prof. Encup juga mengikuti berbagai pelatihan Profesional lainnya diantaranya: Tahun 2009 mengikuti pelatihan Pemantau Tugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang diselenggarakan Gubernur Jawa Barat, melalui Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Jawa Barat, Tahun 2014 mendapat tugas sebagai Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPHI) dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat 2014.

Prof Encup sejak tahun 2015-sekarang bertindak sebagai Assesor Sertifikasi Haji Indonesia kerjasama UIN SGD Bandung dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat; Tahun 2012-sekarang sebagai Instruktur pada Pelatihan Tenaga Ahli HIsab dan Rukyat tugas dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan sejak 2019-sekarang Tim Akreditasi KBIHU Se-Jawa Barat tugas Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Selama menjadi PNS/ASN pada UIN SGD Prof. Encup pernah mendapat tugas sebagai Wakil Dekan II Bidang Administrasi, Keuangan dan Kerjasama FISIP UIN SGD Bandung (2012-2014); Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP UIN SGD Bandung (2015-2019), dirinya juga mengajar sebagai Dosen Luar Biasa di beberapa Lembaga Pendidikan dan Sekolah Tinggi, IAID Ciamis 1998-sekarang, STHI Gunung puyuh Sukabumi 1998-sekarang; INISI Siliwangi Bandung 2000-2005 dan UNIDA Bogor 2001-2007, dan dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (2012-Sekarang).

Selain dosen, beliau juga mendapat tugas dari Kemenag Provinsi Jawa Barat sebagai Ketua Tim Sertifikasi Tanah Wakaf, Ketua Pelaksana Rapat Koordinasi Antara UIN SGD Bandung dengan Pemprov Jabar, Kemenag Jabar dan Balai Diklat Keagamaan Kemenag Jabar; Sekretaris Badan Hisab Rukyat Jabar dan  pada tahun 2007-2009 menjadi Tim Sertifikasi Wakaf Jawa Barat tugas dari Kemenag Jawa Barat. Prof Encup juga aktif melaksanakan berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menjadi narasumber di berbagai kegiatan

“Dengan di angkatnya saya sebagai Guru Besar pada FISIP UIN Sunan Gunung Djati, semoga dapat memotivasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di UIN SGD Bandung khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik”, pungkasnya.

Bagikan Postingan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *