Jelang Lebaran, Kunjungan ke Pasar Baru Bandung Naik 10 Kali Lipat

Spiritbandung.com – Dua pekan menjelang Lebaran ternyata membawa berkah bagi para pedagang. Pasalnya, sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk membeli baju baru atau alat ibadah baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) bahkan mencatat kunjungan pembeli ke Pasar Baru Bandung meningkat drastis hingga 10 kali lipat daripada kunjungan hari biasa di masa pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah memang sejak sebulan yang lalu itu ada peningkatan. Peningkatannya luar biasa sekali bisa 5 sampai 10 kali lipat,” ujar Ketua HP2B Iwan Suhermawan, Senin (28/4/2021).

Pengunjung pun bervariasi antara dari Bandung Raya hingga luar kota. Terutama bulan lalu yang didominasi dari luar Kota Bandung dan mayoritas berbelanja untuk dijual kembali.

Saat ditanya pengawasan khusus bagi pengunjung luar kota, Iwan mengatakan tidak ada perbedaan. “Enggak ada pengawasan khusus, kelihatannya dari banyaknya mobil yang terparkir ber plat nomer luar kota. Yang kedua juga keliatan rombongan rata-rata dan keluarga,” tuturnya.

“Tapi seiring dengan penyekatan lalu lintas dari satu daerah ke daerah lain per hari ini keliatan dari luar kota udah agak sangat kurang. Dan keliatan yang belanja membludak ke Pasar Baru itu wilayah Bandung Raya,” kata Iwan menambahkan.

Tak hanya kunjungan saja yang meningkat, beberapa jongko yang awalnya tutup terimbas pandemi kini mulai berjualan kembali meskipun belum sepenuhnya.

“Ahamdulillah di bulan puasa ini ada peningkatan toko yang buka. Kalau dulu yang buka tinggal dua ribuan jongko sekarang itu menurut data pengelola sudah kisaran jongko yang buka naik pada kisaran 2.700 an,” ucapnya.

Kondisi puncaknya kunjungan masyakarat ke Pasar Baru Bandung untuk berbelanja diprediksi akan terjadi pada H-1 Lebaran. Saat ditanya mengenai kerumunan, Iwan mengakui, hal itu tidak dapat dihindari.

“Yang jelas kerumunan jadi tidak bisa dihindari. Sulit juga kita dalam kondisi seperti ini. Akan tetapi kami senantiasa selalu mengingatkan kepada pedagang dan pembeli agar melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker dan rajin cuci tangan. Karena kalo kerumunan enggak bisa dihindari karena ini pasar bukan mall yang cenderung mudah diatur,” pungkasnya.

Bagikan Postingan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *