Dewan Minta Pemkot Bandung Segera Tetapkan Sekda Definitif

Spiritbandung.com – DPRD Kota Bandung meminta Pemkot Bandung segera menetapkan sekretaris daerah (sekda) definitif agar jalannya pemerintahan tidak terganggu dan bisa berjalan normatif. Hingga kini Wali Kota Bandung Oded M Danial belum menentukan siapa sekda yang akan dilantik.

Guna mengisi kekosongan jabatan tersebut, sudah ada tiga orang yang silih berganti dengan status Penjabat (Pj) dan Pelaksana Harian (Plh) Sekda. Anggota DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi mengatakan pemerintah harus secepatnya menentukan Sekda definitf. Sebab tiga pergantian tersebut membuat posisi seorang sekda memiliki waktu sedikit untuk beradaptasi membawahi 11 bidang yang ada.

“Kita tidak akan intervensi siapanya (sekda), tapi kita akan intervensi agar secepatnya dilantik sekda definitif,” ujar Folmer di Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (12/11/2018).

Folmer menilai sosok Benny Bachtiar yang diajukan sejak kepemimpinan Ridwan Kamil-Oded M Danial sudah melalui proses yang baik di tingkat Panitia Seleksi (Pansel). Bahkan, menurut dia, nama Benny juga sudah didiskusikan oleh Ridwan-Oded sehingga bisa terpilih.

Meski begitu, Folmer mempersilakan Oded mengganti Benny atau mengajukan nama lain sebagai sekda. Terpenting, kata dia, proses tersebut sesuai aturan dan bisa segera dilantik.

Bagi dewan, Folmer menjelaskan, siapa pun yang mengisi posisi sekda tidak akan berpengaruh. Sebab, menurutnya, kerja sama yang dilakukan DPRD dan Pemkot Bandung bukan dari sisi personal, tapi secara kelembagaan.

“Yang jelas ketika sekda sudah ditetapkan, kami berharap bisa langsung beradaptasi dengan segala persoalan di pemerintahan dan permasalahan Kota Bandung,” ujar Folmer.

Sejak ditinggal Yossi Irianto, posisi sekda Kota Bandung diisi oleh tiga orang dengan status Pj dan Plh. Ketiganya adalah Dadang Supriatna (Pj), Evi S Shaleha (Plh) dan Ema Sumarna (Plh).

Sejak kepemimpinan Ridwan Kamil-Oded M Danial telah disepakati nama Benny Bachtiar untuk menjadi sekda. Dalam perjalanannya, Oded yang naik menjadi wali kota Bandung menangguhkan hal tersebut dan mengganti Benny dengan Ema Sumarna.

Hingga kini status sekda Kota Bandung masih tarik ulur. Kemendagri dan Pemprov Jabar menghendaki Oded segera melantik Benny, sementara Oded tetap menempuh jalur formal untuk melantik Ema sebagai orang nomor tiga di Pemkot Bandung.

Bagikan Informasi ini :

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Dewan Minta Pemkot Bandung Segera Tetapkan Sekda Definitif

  1. Saya warga bandung berharap segera ada kepastian peantikan SEKDA bandung
    karena dengan penundaan penundaan penundaan pasti ada penaruh yg sgnifikan terhadap proses kerja Pemkot
    klo tidak salah kondiis ini pernah terjadi di KOta Bontang – Kaltim penundaan pelantikan SEKDA
    tp smw segera seleesai setelah duduk bersama diantara pejabawat berwenang

    hatur nuhun
    Bandung – Jawa Barat KONDUSIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *